Selasa, 03 Oktober 2017

Pengertian Komputer Server dan Contohnya

Pengertian Komputer Server dan Contohnya -  Apa itu komputer server? Komputer server adalah sistem komputer yang menyediakan beberapa jenis layanan di jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor scalable dan RAM besar, dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.

Ini juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengendalikan akses ke jaringan dan sumber daya yang terdapat dalam contoh seperti file atau printer, dan memberi akses ke anggota jaringan workstation.

Pengertian Komputer Server dan Contohnya
Komputer Server


Umumnya, dalam sistem operasi server terdapat berbagai layanan yang menggunakan arsitektur client / server. Contoh dari layanan ini adalah Hos Dynamic Configuration Protocol, server surat, server PTH, server PTB, server DNS, dan sebagainya.

Setiap sistem operasi server umumnya menggabungkan layanan ini, walaupun pihak ketiga juga dapat membuat layanan terpisah. Masing-masing layanan ini akan merespon permintaan dari klien.

Misalnya, klien PKHD akan memberikan permintaan ke server yang menjalankan layanan server PKHD; Ketika klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan permintaan ke server, dalam bahasa yang dimengerti oleh penyedia PKHD, protokol PKHD itu sendiri.

Contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU / Linux.

Server biasanya terhubung dengan klien dengan kabel UTP dan kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya kartu PCI atau ISA.

Dilihat dari fungsinya, server bisa dikategorikan menjadi beberapa jenis, seperti peladas aplikasi, server data dan server proxy.

Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai aplikasi yang bisa diakses oleh client, data server itu sendiri digunakan untuk menyimpan data baik secara langsung digunakan oleh klien dan data yang diolah oleh server aplikasi.

Proxy server berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang biasa lebih akrab dengan server proxy untuk menghubungkan komputer klien ke Internet.

Kegunaan server sangat banyak, misalnya untuk website, sains, atau sekedar penyimpanan data.

Nah itulah pengertian komputer server dan contohnya yang bisa saya tulis pada artikel ini. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca sampai selesai. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Related : Pengertian Komputer Server dan Contohnya

0 komentar:

Posting Komentar