Senin, 27 November 2017

Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network) serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network) - WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang luas sebagai contoh jaringan komputer antar daerah, kota atau bahkan negara, atau juga dapat didefinisikan sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

Internet adalah contoh jaringan WAN ini Jika Wide Area Network sudah mencakup wilayah antar benua, ini disebut jaringan informasi global atau Internet.

Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network) serta Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network) serta Kelebihan dan Kekurangannya


Selain pengiriman paket di datagram, jaringan IP juga dikenal sebagai koneksi packet pack yang dikemas dimana paket sebelum dikirim, setup koneksi logis dari asal tujuan diatur oleh proses kontrol paket dengan permintaan koneksi logis untuk paket nformasi yang harus dilakukan. rute yang sama.

Modus koneksi ini disebut sirkuit virtual, namun tidak seperti jaringan circuit switched yang menempati kanal (bandwidth / resources) dalam monopoli, di sirkuit virtual penggunaan sumber daya masih dalam pola sharing.

Dengan begitu urutan paket bisa dijamin, sementara kontinuitas real-time tidak terjamin, tergantung dari kapasitas dan tingkat kepadatan lalu lintas di jaringan.

Modus sirkuit maya ini memungkinkan sekelompok organisasi memiliki jaringan pribadi virtual (disebut jaringan pribadi virtual), atau jaringan PBX (Private Branch Exchange) namun jangkauan area yang tidak terbatas seperti PABX karena jaringan yang dibangun di IP VPN tidak secara fisik tapi agak logis dan berjejaring hanya jika diperlukan hanya agar cakupan jaringan pribadi IP VPN bisa menjangkau area nasional bahkan internasional.

Jaringan berbasis packet switched lainnya yang banyak dikembangkan di AS adalah jaringan ATM (Asynchronus Transfer Mode). Bedanya dengan jaringan IP, bahwa dalam jaringan ATM secara keseluruhan modus koneksi menggunakan sirkuit virtual, sedangkan di jaringan IP, sirkuit virtual hanya opsional.

Perbedaan lain, paket pada jaringan ATM disebut sel selalu tetap yaitu 53 oktet (Byte) yang terdiri dari muatan 48 oktet, 5 oktet header. Sedangkan di jaringan IP, ukuran paket tidak tetap.

Teknologi ATM banyak dikembangkan di Amerika Serikat (tidak dibahas disini). Satu hal lagi, bahwa jaringan ATM dirancang berdasarkan layanan broadband dan dapat mengakomodasi layanan VBR (Variable Bit Rate) selain CBR (Constant Bit Rate). Sedangkan desain awal jaringan IP berbasis pada layanan Narrow Band dan CBR.


Konsep Jaringan WAN

Wide Area Network (WAN) mencakup wilayah geografis yang luas, seringkali termasuk negara atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program aplikasi ini. Mesin ini di-host. Istilah End System terkadang juga digunakan dalam literatur.

Host terhubung ke subnet komunikasi, atau hanya disebut subnet. Tugas subnet adalah membawa pesan dari host ke host lain, sama seperti sistem telepon yang membawa isi speaker dari speaker ke pendengar. Dengan memisahkan aspek komunikasi murni dari jaringan (subnet) dari aspek aplikasi (host), disain jaringan yang lengkap menjadi lebih sederhana.

Pada kebanyakan WAN, subnet terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi (juga disebut sirkuit, saluran, atau batang) memindahkan bit dari satu mesin ke mesin lainnya.

Elemen switching adalah komputer khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih kabel transmisi. Saat data mencapai kabel penerima, elemen pengalih harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan pesan.

Sayangnya tidak ada istilah standar dalam penamaan komputer seperti ini.

Nama-namanya sangat bervariasi disebut packet switching nodes, sistem intermidiate, pertukaran data switching dan sebagainya.
Sebagai istilah generik untuk switching komputer, kita akan menggunakan istilah router. Tapi perlu diketahui sebelumnya bahwa tidak ada konsensus dalam penggunaan terminologi ini.

Pada model ini, seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah setiap host terhubung ke LAN dimana ada router, walaupun dalam beberapa keadaan host bisa terhubung langsung ke router.

Kumpulan saluran komunikasi dan router (tapi bukan host) akan membentuk subnet.

Istilah subnet sangat penting, subnet berarti kumpulan router dan saluran komunikasi yang memindahkan paket dari host host tujuan.

Akan tetapi, beberapa tahun kemudian subnet mendapat arti lain sehubungan dengan pengalamatan jaringan. Pada kebanyakan WAN, jaringan terdiri dari banyak kabel atau saluran telepon yang menghubungkan sepasang router.

Jika dua router yang tidak mengandung kabel yang sama akan berkomunikasi, mereka harus berkomunikasi secara tidak langsung melalui router lain.

Ketika sebuah paket dikirim dari satu router ke router lain melalui router perantara atau lebih, maka paket tersebut akan diterima oleh router dalam keadaan lengkap, disimpan sampai saluran output menjadi bebas, dan kemudian baru diteruskan.

Subnet yang mengandung prinsip semacam itu disebut subnet point-to-point, store-and-forward, atau packet-switched. Hampir semua WAN (kecuali yang menggunakan satelit) memiliki subnet store-and-forward.

Dalam menggunakan subnet point-to-point, masalah desain yang penting adalah pemilihan jenis topologi interkoneksi router. LAN biasanya topologi simetris, sedangkan WAN biasanya tidak menentu.

Jaringan WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan LAN dan / atau Workgroup yang terhubung dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan internet, dari / ke kantor pusat dan kantor cabang, atau antar kantor cabang.

Baca juga:

Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor bisa dilakukan dengan cepat dan dengan biaya yang relatif rendah. Sistem jaringan ini bisa menggunakan jaringan internet yang ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan Stand Alone / PC Notebook yang berada di kota atau negara lain.


Keuntungan Jaringan WAN

1. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
2. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan E-Mail & Chat.
3. Dokumen / File yang biasanya dikirim melalui fax atau pas pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file ke / dari kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif rendah dan dalam periode waktu yang sangat cepat.
4. Penyatuan Data dan Pemutakhiran Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.

Koneksi Jaringan WAN
Untuk menghubungkan jaringan WAN kita harus menggunakan alat khusus yang berfungsi sebagai pusat layanan, seperti satelit VSAT. VSAT adalah sistem komunikasi jaringan atau satelit yang terdiri dari sejumlah stasiun jarak jauh (terminal VSAT) dengan menggunakan antena parabola yang berdiameter lebih kecil dari pada komunikasi satelit lainnya, menggunakan satu atau lebih transponder satelit sebagai repeater dengan dukungan peralatan di stasiun dan stasiun bumi. utama.

WAN adalah kumpulan beberapa LAN yang digabungkan menjadi jaringan baru. Disini VSAT bertindak sebagai media penghubung antara jaringan LAN.

Jadi setiap jaringan LAN adalah terminal station. WAN mencakup area geografis yang luas, seringkali termasuk negara atau benua. Pada kebanyakan WAN, jaringan terdiri dari dua komponen: kabel transmisi dan switching elemen. Kabel transmisi memindahkan bit dari satu mesin ke mesin lainnya.

Elemen switching adalah komputer khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih kabel transmisi.

Pada sistem WAN dengan media VSAT maka selain server pada setiap jaringan LAN masih ada server lain yang lebih besar yang terletak di stasiun Hub.

Server ini akan mengendalikan komunikasi antara terminal VSAT di bawahnya. Server yang berada di terminal hanya menyimpan data dari workstation di bawahnya.

Baca juga: Pengertian Server dalam Jaringan Komputer

Sistem kerja WAN sama seperti jaringan LAN hanya jika transfer data yang diinginkan dari pengguna di terminal VSAT lain maka server yang berada di terminal VSAT akan menghubungi stasiun Hub dan Hub akan terhubung ke terminal VSAT yang diinginkan sehingga transfer data yang diinginkan bisa terjadi.

Jadi jika pengguna yang diinginkan dihubungi hanya di terminal VSAT sendiri maka koneksi ke stasiun Hub tidak dilakukan.

Selain digunakan untuk transfer data jaringan VSAT pada konfigurasi WAN juga dapat digunakan untuk transfer video dan suara. Jadi terminal stasiun kerja tidak harus menggunakan komputer, tapi bisa menggunakan mesin fax atau yang lainnya. Konfigurasi juga memiliki bit rate yang cukup tinggi untuk transmisi data, selain itu data rahasia juga terjamin.

Meski banyak keunggulan sistem WAN ini akan menjadi tidak efektif jika penggunaannya hanya di bawah angka 100. Jika penggunaan lebih dari 100 maka sistem menjadi efektif dan andal.

Dalam pengembangan WAN, jika jaringan LAN semakin banyak dan pengguna (pengguna) berada di seluruh belahan dunia maka sistemnya disebut internet.

Infrastruktur Jaringan WAN

Seperti LAN (Local Area Network), ada sejumlah perangkat yang melewatkan arus informasi data dalam WAN. Integrasi perangkat ini akan menciptakan infrastruktur WAN. Perangkat ini adalah:

1. Router
Router adalah peningkatan kemampuan jembatan. Router dapat menunjukkan rute dan menyaring informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router dapat secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area masalah.

2. Switch ATM
Switch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN

3. Modem dan CSU / DSU
Modem mengubah sinyal digital dan analog. Di dalam pengirim, modem mengubah sinyal digital menjadi bentuk yang sesuai untuk teknologi transmisi agar bisa dilalui melalui fasilitas komunikasi analog atau saluran telepon umum. Di sisi penerima, modem mengubah sinyal ke format digital lagi.

4. CSU / DSU (Unit Layanan Unit / Unit Layanan Data)
CSU / DSU sama seperti modem, hanya CSU / DSU yang mengirimkan data dalam format digital melalui jaringan telepon digital. CSU / DSU biasanya berupa kotak fisik yaitu dua unit terpisah: CSU atau DSU.

5. Server Komunikasi
Communication Server adalah dedicated server â € œdial in / outâ €? agar pengguna bisa melakukan panggilan dari lokasi yang jauh sehingga bisa terhubung ke LAN.

6. Multiplexer
Multiplexer mentransmisikan kombinasi beberapa sinyal melalui sebuah rangkaian. Multiplexer dapat mentransfer beberapa data secara simultan (terus menerus), seperti video, suara, teks, dan lain-lain.

7. X.25 / Switch Frame Relay
Switch X.25 dan Frame Relay menghubungkan data lokal / pribadi melalui jaringan data, menggunakan sinyal digital. Unit ini sama dengan switch ATM, namun kecepatan transfer data lebih rendah dari ATM.

Ringkasan
WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang luas sebagai contoh jaringan komputer antar daerah, kota atau bahkan negara, atau juga dapat didefinisikan sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

Internet adalah contoh jaringan WAN ini Jika Wide Area Network sudah mencakup wilayah antar benua, ini disebut jaringan informasi global atau Internet.

Related : Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network) serta Kelebihan dan Kekurangannya

0 komentar:

Posting Komentar