Rabu, 04 Oktober 2017

Pengertian Web Server dan Fungsinya

Pengertian Web Server dan Fungsinya -  Web server dapat merujuk ke perangkat keras atau perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas file yang terdapat pada situs web yang melayani pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti browser web.

Penggunaan web server yang paling umum adalah menempatkan situs web, namun dalam praktik penggunaannya diperluas sebagai penyimpanan data atau untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.
Pengertian Web Server dan Fungsinya
Pengertian Web Server dan Fungsinya


Fungsinya Web Server
Fungsi utama web server adalah mentransfer file sesuai permintaan pengguna melalui protokol jaringan komunikasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Karena halaman web dapat terdiri dari file teks, gambar, video, dan fungsi pemanfaatan web server lainnya juga untuk mentransfer semua aspek pengarsipan di halaman web terkait; termasuk teks, gambar, video, atau lainnya.

Pengguna, biasanya melalui aplikasi pengguna seperti web browser, meminta layanan pada file atau halaman web yang terdapat pada web server, maka server sebagai service manager merespon balik dengan mengirimkan halaman yang dibutuhkan dan file pendukungnya, atau menolak permintaan jika halaman yang diminta tidak tersedia

Sekarang umumnya web server telah dilengkapi dengan mesin penerjemah bahasa script yang memungkinkan web server menyediakan layanan website yang dinamis dengan memanfaatkan library tambahan seperti PHP, ASP.

Penggunaan web server saat ini tidak terbatas pada publikasi situs web di World Wide Web, namun banyak web server juga digunakan di perangkat keras komputer lain seperti printer, router, kamera web yang menyediakan akses layanan http di jaringan lokal yang dimaksudkan untuk menyediakan perangkat manajemen dan menyederhanakan review perangkat keras.


Sejarah Web Server

Pada tahun 1989, Tim Berners-Lee mengajukan perusahaannya, CERN (European Organization for Nuclear Research) sebuah proyek yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran informasi di antara para periset yang menggunakan sistem hypertext.

Sebagai hasil dari pelaksanaan proyek ini, pada tahun 1990 Berners-Lee menulis dua program komputer: Sebuah browser dia bernama WorldWideWeb; web server pertama di dunia, yang kemudian dikenal sebagai CERN httpd, yang berjalan pada sistem operasi NeXTSTEP.

Dari tahun 1991 sampai 1994, kesederhanaan dan keefektifan teknologi yang digunakan untuk mengunjungi dan bertukar data melalui World Wide Web memungkinkan kedua aplikasi diadopsi pada sejumlah sistem operasi untuk digunakan oleh lebih banyak individu, atau kelompok.

Awalnya sebuah organisasi riset, kemudian dikembangkan dan digunakan di lingkungan pendidikan tinggi, dan akhirnya digunakan di industri bisnis.

Pada tahun 1994, Tim Berners-Lee memutuskan untuk membakukan organisasi World Wide Web Consortium (W3C) untuk mengatur perkembangan lanjutan pada teknologi terkait lainnya (HTTP, HTML, dll.) Melalui proses standardisasi.

Tags :

Related : Pengertian Web Server dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar