Selasa, 03 Oktober 2017

Pengertian Jaringan Nirkabel dan Contohnya

Pengertian Jaringan Nirkabel dan Contohnya - Apa itu jaringan nirkabel? Jaringan nirkabel adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel.

Jaringan nirkabel ini sering digunakan untuk jaringan komputer baik dalam jarak dekat (beberapa meter, menggunakan perangkat bluetooth) atau jarak jauh (via satelit).

Bidang ini terkait erat dengan bidang telekomunikasi, teknologi informasi, dan teknik komputer. Jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi: Jaringan area lokal nirkabel (LAN nirkabel / WLAN), dan Wi-Fi.

Pengertian Jaringan Nirkabel dan Contohnya
Jaringan Nirkabel

Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan satu sistem komputer ke komputer lain menggunakan berbagai media transmisi nirkabel, seperti gelombang radio, gelombang mikro, atau cahaya inframerah.

Pada tahun 1970 Norman Abramson, seorang profesor di University of Hawaii, mengembangkan jaringan komunikasi komputer pertama di dunia, ALOHAnet, menggunakan biaya rendah seperti ham-radio.

Dengan topologi bi-directional bintang, tujuh sistem komputer yang terhubung ditempatkan di lebih dari empat pulau untuk berkomunikasi dengan komputer pusat di Pulau Oahu tanpa menggunakan saluran telepon.

"Pada tahun 1979, FR Gfeller dan U. Bapst menerbitkan sebuah makalah tentang laporan Prosiding IEEE tentang percobaan jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan komunikasi infra merah yang digunakan.

Akhirnya, pada tahun 1980, P. Ferrert melaporkan percobaan penerapan kode radio spektrum tersebar untuk komunikasi di terminal nirkabel Konferensi Telekomunikasi Nasional IEEE Pada tahun 1984.

Perbandingan antara spektrum penyebaran inframerah dan CDMA untuk jaringan komunikasi informasi kantor nirkabel diterbitkan oleh IEEE Kaveh Pahlavan dalam Simposium Jaringan Komputer yang selanjutnya muncul di Majalah Komunikasi Masyarakat IEEE Pada bulan Mei 1985.

Upaya Marcus memimpin FCC untuk mengumumkan pita ISM eksperimental untuk aplikasi komersial dari teknologi spread spectrum.

Selanjutnya, M. Kavehrad melaporkan percobaan sistem kode PBX nirkabel menggunakan Division Multiple Access. Upaya ini mendorong aktivitas industri yang signifikan dalam pengembangan yang baru.

generasi jaringan area lokal kabel dan diperbaharui beberapa Diskusi di radio portabel dan industri mobile.

Generasi pertama modem data nirkabel dikembangkan di awal tahun 1980 oleh operator radio amatir, yang sering disebut sebagai radio paket ini.

Mereka menambahkan kabel komunikasi data pita suara, dengan kecepatan data di bawah 9.600-bit / s, ke sistem radio jarak pendek yang ada, biasanya berada dalam band amatir dua meter.

Generasi kedua modem nirkabel mengembangkan FCC segera setelah pengumuman di band eksperimental untuk penggunaan spektrum penggunaan teknologi non-militer.

Modem ini memiliki data rate yang disediakan atas perintah ratusan kbit / s. Generasi ketiga modem nirkabel ditujukan untuk kompatibilitas dengan jaringan LAN yang ada dengan data perintah Mbit / s tingkat atas.

Beberapa perusahaan mengembangkan produk generasi ketiga dengan kecepatan data di atas 1 Mbit / s dan beberapa produk telah diumumkan pada Lokakarya IEEE kali pertama di LAN Nirkabel.

Nah itulah Pengertian Jaringan Nirkabel dan Contohnya yang bisa saya tulis ulang pada artikel ini. Smoga bermanfaat! Terimakasih dan sampai jumpa dalam artikel selanjutnya. Wassalam

Related : Pengertian Jaringan Nirkabel dan Contohnya

1 komentar: